Muhasabah: Aplikasi Islami untuk Evaluasi dan Koreksi Diri Ala Muslim



Bagi seorang muslim termasuk orang yang beruntung adalah jika hari ini berjalan lebih baik dari hari kemarin. Demikian Rasulullah Muhammad Saw mengamanatkan kepada umatnya. Dalam perjalanan hidup mengamalkan Islam sudah tentu ada saat menoleh ke belakang untuk melihat napak tilas dan jejak rekam yang telah diperbuat. Oleh karena itu diperlukan sebuah perenungan mendalam (muhasabah) diperlukan untuk melakukan evaluasi dan sekaligus koreksi diri. Untuk kepentingan ini maka sebuah aplikasi menarik untuk Muhasabah ini mungkin bisa memenuhi kebutuhan.
Muhasabah sebenarnya bukan sebuah software, melainkan sebuah aplikasi sederhana yang dibuat dengan menggunakan program office MS Excel. Aplikasi Islami ini telah menyertakan sejumlah petunjuk yang memadai dan mudah digunakan oleh user terutama yang berbahasa Indonesia. Anda tinggal mengisikan angka 1 (satu) pada kolom kriteria yang sesuai dengan kepribadian anda. Sudah tentu untuk mendapatkan hasil yang  memuaskan, anda harus jujur dalam mengisi form yang disediakan sesuai dengan kecenderungan yang anda miliki.
Setelah semua form terisi, maka aplikasi berbasis Excel ini akan menghitung prosentase score anda berdasarkan kriteria kemauan menjalankan kewajiban, meninggalkan keharaman, dan sekaligus menilai persentase ketakwaan anda. Tentu saja, penilaian dengan cara seperti ini tidak sepenuhnya memenuhi standar yang kita harapkan. Sebab, masalah ketakwaan adalah urusan kita dengan Allah swt. Namun demikian dalam hal evaluasi dan koreksi diri yang bersifat personal, dalam beberapa sudut pandang, aplikasi Muhasabah ini cukup membantu. 

Komentar